Mengajar yang efektif berarti mencapai tujuan, siswa belajar meraih
target sesuai dengan kriteria target pada perencanaan. Mengajar yang
efektif jika siswa dapat menyerap materi pelajaran dan mempraktekannya
sehingga memperoleh keterampilan terbaiknya. Mengajar yang efektif
berarti guru dapat menggunakan waktu yang sesingkat-singkatnya dengan
hasil setinggi-tingginya. Jadi mengajar yang efektif berarti mengajar
yang efisien.
Efektif itu artinya mencapai target yang ditetapkan dalam rencana.
Oleh karena itu perencanaan pembelajaran yang efektif adalah yang
menetapkan kiteria target dan guru melakukan pengukuran pencapaian.
Jadi, mengajar yang efektif itu jika pelaksanaannya terdapat instrumen
untuk mengukur keberhasilan dan melaksanakan pengukuran.
Kaidah yang berlaku dalam penerapan standar, pembelajaran dinyatakan
efektif jika menggunakan metode yang bervariasi. Nah, yang satu ini
memang beresiko. Perlu ada sistem penjaminan bahwa kebervariasian
menggunakan metode itu benar-benar mengarah pada pencapaian tujuan. Jika
tidak maka kebervariasian itu tidak menjamin berkembangnya motivasi dan
minat siswa belajar.
Jika kebervariasian metode mengajar menjadi ciri efektifnya guru
mengajar, maka guru yang profesional harus ditandai dengan menguasai
sejumlah metode dan mampu mengaplikasikannya. Pekerjaan itu baru
sempurna dinyatakan efektif jika benar-benar memfasilitasi siswa belajar
untuk menguasai kompetensi yang diharapkan.
0 komentar:
Posting Komentar